Jmki fkg unpad’s Blog

play it or it’s over

info dari daerah cimahi.. 30 April 2009

Filed under: Uncategorized — jmkifkgunpad @ 11:36

JMKI HEALTH EXHIBITION

contents : lomba olahraga tradisional, cerdas cermat kesehatan umum, dan seminar tentang kesehatan reproduksi. semuanya dalam rangka memperingati dies natalis JMKI ke 9 di wilayah priangan.

Unjani, 9-10 Mei 2009

Pendaftaran Lomba dan seminar secara kolektif akan dimulai hari senin, 27 April 2009 hingga Kamis, 30 April 2009 melalui CP tiap angkatan (2006-2008) dan akan dikoordinasikan via komisariat.

Ayo..ayo..tunjukkan partisipasi aktif kita di sini ya.
mulai atur jadwal dari sekarang.. luangin waktu buat acara ini,,, n_n

jangan kalah sama komisariat2 lain.. buktikan kita punya kontribusi!

CP :
Vini (2006) 085692937345
Medi (2007) 085620175767
Lukman (2008) 08568657009

Iklan
 

Silaturahmi ke Komisariat Sahabat [Part.1: FIK Unpad] 27 April 2009

Filed under: Uncategorized — jmkifkgunpad @ 17:05

Hari itu kami (anggota JMKI 2008) bersama teman-teman 2007 serta Teh Mila (Komsat JMKI FKG Unpad) dan Teh Kiki (Korda Priangan) akan berangkat menuju kampus FIK untuk mengadakan studi banding. Sebelum berangkat  kami melakukan koordinasi dulu di kampus FKG. Dan mulai berjalan menuju FIK kira-kira pukul 14.45. Tiba-tiba Teh Mila dalam perjalanan berinisiatif untuk mengambil bunga-bunga rumput untuk diberikan kepada teman-teman FIK. Diambillah bunga itu dan disatukan, indah juga ternyata. Tak lama setelah itu, akhirnya sampai juga rombongan FKG Unpad ke kampus FIK. Ooo iya, sebelumnya ada teman-teman FKG yang telah berangkat lebih dulu ke kampus FIK ini. Kita sempat foto-foto dulu juga nih, di halaman depan kampus FIK yang disponsori oleh kamera Teh Achi.

Kami pun menuju ke ruangan yang telah disiapkan teman-teman FIK yang ada di lantai 3 (kayak mau kuliah aja neh…harus naik tangga dua kali..hehehhe). Teman-teman FIK menyambut kami dengan sangat ramah, mereka pun juga agak sedikit kaget karena jumlah kami yang datang saat itu bukan jumlah yang sedikit. Teh Mila kemudian memberikan bunga-bunga rumput tadi sebagai ucapan terima kasih karena telah bersedia menerima kami di kampus FIK. Karena ruangan dirasa kurang cukup, kami pun dipersilakan untuk menuju di ruang sebelah yang dapat menampung jumlah kami yang sangat banyak ini.

Acara studi banding ini dibuka dengan perkenalan anggota setiap komisariat dan dilanjutkan dengan pembacaan proker. Dan kemudian dilaksanakan sesi tanya jawab untuk berbagi pengetahuan baik sesama divisi atau pun antar divisi, sehingga kita dapat saling memperbaiki.

Divisi yang terdapat di FIK antara lain:

Divisi Administrasi:

Tugasnya:

– mengurus surat

– mengurus arsip keluar

–  pembuatan database (dibantu dengan infokom)

–  notulensi dalam setiap rapat

Divisi Keuangan:

Tugasnya:

– mengurus pembukuan JMKI FIK

– danus perbulan Rp 20.000,00

– uang kas per bulan Rp 2.000,00

Divisi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Tugasnya:

– Tanggap bencana

– membuat pamflet pada acara-acara JMKI

–  memperingati hari-hari kesehatan

Divisi Infokom

Tugasnya:

– mengurus facebook JMKI FIK

– membuat mading

– penyebaran info-info JMKI

Divisi Humas

ada Evaluator  yang tugasnya mengevaluasi proker dan mengevaluasi anggota aktif.

Hari pun mulai sore, jam sudah menunjukkan pukul 17.00. Karena ada yang bertempat tinggal di bandung, kami pun mencukupkan agenda acara hari ini, walaupun mungkin masih banyak pertanyaan yang ingin ditanyakan. Teh Mila pun kembali memberikan sedikit kenang-kenangan kepada Komsat FIK atas kesediannya untuk berbagi pengetahuan dan telah menerima kedatangan kami, apalagi dengan disertainya kue-kue selama berlangsungnya diskusi, hehhehehe…. sebelum pulang kami juga sempat berfoto-foto ria dengan teman-teman FIK yang benar-benar sangat ramah (lagi-lagi disponsori Teh Achi, makasih teh kameranya, hohoho)

dsc087521

Terima Kasih teman-teman Komisariat FIK atas kesediannya menerima kami dalamjumlah yang tidak sedikit ini, semoga di lain kesempatan kita dapat bertukar pengalaman dan pengetahuan lagi seperti hari ini. Atau mungkin teman-teman FIK di waktu yang akan datang dapat berkunjung pula ke kampus kami untuk kegiatan sharing seperti ini, kami pun akan menyambut kalian dengan senang hati. Kami pun juga berharap, kita dapat menjalin pertemanan yang baik setelah sharing ini. Sekali lagi Terima Kasih untuk teman-teman FIK.

Pemberian Kenang-kenangan. Koordinator komisariat JMKI FKG Unpad (Nisa Milati B) menyerahkan kenang-kenangan kepada koordinator komisariat JMKI FIK Unpad (Isti) dalam acara studi banding antar komisariat yang diadakan oleh JMKI FKG Unpad, 23 April 2009.

 

Mars JMKI 26 April 2009

Filed under: Uncategorized — jmkifkgunpad @ 23:55

Pada malam farewell party dies natalis JMKI, 18 April 2009, yang juga termasuk dalam agenda malam penutupan LKMM Nasional di Semarang, dilaksanakan pula launching Mars JMKI.

Mars JMKI
Cipt: Saptiadi Oktora

Kami mahasiswa Indonesia
Bersatu bercita-cita mulia
Membangun negri kita tercinta
Menuju Indonesia jaya

Bersama Jaringan Mahasiswa
Kesehatan Indonesia
Tingkatkan derajat kesehatan
Bangsaku Indonesia

Reff:
Teruslah jaya JMKI
Teruslah bangun negri ini
Semangatlah wahai kawanku
Menuju Indonesia satu

Back to reff

Menuju Indonesia satu

Mars JMKI dapat di download di JMKI.co.cc

 

Semarang.. Hari-hari Tak Tergantikan 24 April 2009

Filed under: Uncategorized — jmkifkgunpad @ 04:47

16 April 2009, waktu menunjukkan pukul 19.13, akhirnya kami menginjakkan kaki di tanah Semarang.

Gedung Balai Diklat Provinsi, Jl. Setiabudi no. 201 A Semarang. Disinilah kami akan melaksanakan LKMM Nasional hingga 3 hari ke depan yang dimulai malam ini. Segera kami mengurus registrasi dan mengumpulkan segala persyaratan. Tak ada waktu untuk bersantai, setelah meletakkan barang bawaan di kamar masing-masing, kami segera makan malam bersama delegasi yang lain. Saat inilah kami berkenalan untuk pertama kalinya dengan para delegasi dari berbagai institusi kesehatan di Indonesia.

After dinner: Welcome party. Pembukaan LKMM nasional yang kali ini membawa tema ”Menumbuhkan sikap tangguh, kritis, proaktif, dan inovatif dalam rangka mewujudkan sinergisitas profesi kesehatan di Indonesia” ini diawali dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Bagimu Negeri yang dibawakan oleh Nursing Choir PSIK UNDIP dan kemudian dengan resmi dibuka oleh perwakilan dekanat dari PSIK UNDIP dengan simbolisasi penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta. Dilanjutkan perkenalan diri satu persatu dari tiap delegasi. Dan.. Selesai sudah waktu bersenang-senang. Technical Meeting tidak bisa menunggu lama, dalam agenda ini para SC (steering comitee) membacakan tata tertib selama pelaksanaan LKMM. Banyak hal yang diatur disini, dari kehadiran 15 menit sebelum jadwal pelaksanaan agenda, peraturan sikap dan perilaku, hingga posisi duduk yang harus sesuai nomor registrasi. Tentu saja setelah TM ini kami harus lebih berhati-hati. Karena setelah 3 kali teguran melakukan kesalahan resikonya adalah ketidaklulusan LKMM Nasional.

17 April 2009, waktu menunjukkan pukul 05.00. Sedang apa kalian wahai teman-teman? Apapun yang sedang kalian lakukan tapi kami sedang berOlah Raga! Tidak ada yang terlambat.. (delegasi Medi berpikir sejenak:”jmki olah raga jam segini?? Bukannya bisa menyebabkan paru-paru basah yaa? Yaaa yaudahlahyaa). Segera setelahnya adalah waktu yang singkat untuk antre mandi dan sarapan bersama-sama sebelum menyambut materi pertama. Selayang Pandang JMKI oleh Arian Reza Marwan, SKG (ada yang masih ingat dengan beliau?) yang didahului dengan beberapa soal preetest yang sebenarnya amat sangat mudah tapi jadi susah jika tidak pernah belajar.. Dilanjutkan dengan materi Pemimpin Visioner. Materi ini diberikan dalam bentuk diskusi panel. Dengan 2 pembicara sebagai tokoh kesehatan di Semarang khususnya dan 3 panelis dengan ibu sekjend (Nelly Kurniawati) salah satunya. Seperti yang sudah pernah disebutkan tadi, tidak ada waktu yang terbuang percuma, segera setelah materi kedua selesai, materi ketiga Legal Drafting langsung menyambut. Singkat, Padat, dan tidak terlalu jelas karena ini adalah materi yang sangat baru untuk sebagian besar peserta, pertanyaan pun terus bergulir namun waktu yang diberikan sangat terbatas. Selesai sudah waktu pemberian materi untuk hari ini. Dan ini baru pukul 14.00 siang saudara-saudara. Lalu apalah lagi yang harus kami lakukan jika materi sudah disampaikan semua?? Yup.. ini dia tantangan besar pertama. Seluruh peserta dibagi menjadi 3 kelompok besar. Yang harus kami lakukan adalah membuat Undang-Undang tandingan untuk Peraturan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 75 Tahun 2005 tentang Kawasan Larangan Merokok yang berjumlah lebih dari 10 lembar penuh. Tak bisa dihindari sejak penugasan siang itu hingga tengah malam yang kami lakukan adalah mengoreksi segala kesalahan perda tersebut dan berusaha membuat perda yang jauh lebih baik. Ternyata membuat Undang-Undang menjadi mengasyikkan jika dinikmati dan dilakukan dengan suasana kekeluargaan. Pukul 23.00 3 perda tandingan berhasil ditunaikan. Berakhirnya penugasan Legal Drafting bukannya mempercepat waktu tidur, karena saat inilah evaluasi kesalahan peserta dimulai. Pengakuan dosa dari peserta bersahutan, terlambat hadir, mengantuk, tidak menonaktifkan HP, dan mengobrol saat materi pun diakui. Peserta saling bertukar pendapat untuk memberikan solusi dari masalah-masalah yang dilanggar tersebut agar tidak terulang lagi esok harinya. Yang membuat jam tidur semakin berkurang adalah penugasan berikutnya: memilih 1 dari 3 perda tersebut yang paling baik untuk diajukan pada pemerintah daerah. Musyawarah dilakukan dengan alot karena banyaknya perbedaan pendapat dari tiap peserta, 18 April 2009 telah tiba, dan akhirnya terpilihlah perda tandingan kelompok 3 yang dihasilkan setelah mekanisme pemilihan voting.

18 April 2009. Hari ini tidak ada yang tidak terlambat.. semua kesiangaan!! Olah Raga yang tadinya akan dimulai pukul 05.00 menjadi pukul 05.47. dan ngaretlah semua aktivitas pagi kami. Materi ke4 LKMM Nasional sangat menarik: Teknik Retorika, seni berbicara yang merupakan suatu kemampuan untuk mempengaruhi jiwa manusia secara positif ke arah kebenaran. Pada sesi ini beberapa peserta mencoba maju untuk ber-retorika kemudian diberikan penilaian oleh peserta dan pembicara. Selanjutnya tibalah saatnya untuk penugasan kedua: menerapkan teknik retorika tersebut sebagai mahasiswa yang akan mengajukan perda tandingan (yang kemarin telah kita buat) ke hadapan anggota dewan. Maka dari 29 peserta yang ada dibagi menjadi 2 kelompok, mahasiswa dan anggota dewan. Perdebatan pun tak dapat dihindari… Teknik Propaganda dan Rekayasa Sosial segera menyambut kami, teknik ini adalah upaya untuk mengubah sikap, pandangan, opini, dan perilaku kelompok masyarakat melalui berbagai media. Dan selamat datang untuk penugasan selanjutnya: membuat press released. Yaitu penjelasan singkat dari suatu kegiatan, meliputi 5W+1H, dan yang harus kita buat adalah press released untuk aksi WNTD. Simulasi pun berjalan lancar. Materi terakhir Manajemen Aksi dibawakan dengan semangat oleh seorang aktivis yang sepertinya memiliki hobi demonstrasi. Disini dibahas segala hal tentang aksi, dari kepentingannya, jenis-jenisnya, hingga persiapan teknisnya. Kami pun jadi lebih bersemangat setelah mendengar penugasan terakhir: Aksi Sosial. Aksi ini tentu saja tidak lain dan tidak bukan akan menyosialisasikan tentang bahaya merokok. Aksi ini akan kami laksanakan esok pagi di Simpang Lima Semarang. Yaa.. berakhir sudah acara inti dari LKMM Nasional. Tidak ada lagi evaluasi kesalahan dan tidak berlaku lagi segala peraturan, tapi tentu saja kami harus tetap menjaga etika dan kesopanan.

Ulang Tahun tidak harus dirayakan pada harinya.. dan disinilah kami, Farewall party, dies natalis JMKI, sebelumnya tentu saja dilakukan penutupan LKMM Nasional yang dihadiri juga oleh pihak rektorat, dekanat dan dinas kesehatan. Launching KSS (komunitas Sadar Sehat), Mars JMKI, dan pemberian kesan pesan dari peserta. Selanjutnya hiburan dari Nursing Choir PSIK UNDIP tidak boleh terlewatkan, acara bebas pun kami isi dengan memberikan sebuah persembahan untuk para panitia, lagu ‘terimakasih cinta’ yang kami rubah beberapa liriknya. Diakhiri dengan penulisan autokritik dari semua peserta. Semua bergembira dan tidak sabar menunggu hari esok: aksi social dan city tour!

19 April 2009. Pukul 09.00 kami telah bergabung bersama ramainya pasar kaget di minggu pagi Simpang Lima. Disinilah kami harus menyebar dan membagikan pamflet sekaligus menyosialisasikan tentang bahaya merokok dan segala hal yang berhubungan dengan rokok. Kegiatan ini dilakukan karena tidak diperbolehkannya aksi yang membuat keramaian setelah masa-masa pemilu 9 April kemarin. Aksi berjalan cepat. Perjalanan dilanjutkan sampai ke sebuah menara sepanjang 99meter yang sangat megah, ya, inilah menara masjid tertinggi di Indonesia, dengan museum unik berada di dalamnya, dan berbagai keindahan dan kecanggihan masjid yang membuat kami terkagum-kagum, Menara Al Husna Masjid Agung Jawa Tengah. Indah. Selanjutnya kami meneruskan tour ke Panandaran, tempat membeli oleh-oleh khas Semarang. Tidak sabar meneruskan perjalanan selanjutnya, Lawang Sewu. Sebuah bangunan bernilai sejarah tinggi yang termasyur di Semarang bukan karena bangunan ini adalah kantor kereta api pada zamannya, tapi lebih karena disinilah tempat penyiksaan rakyat Indonesia di zaman penjajahan dulu. Terlebih di penjara bawah tanah yang pasti dibuat oleh orang yang sangat cerdas namun tidak memiliki hati nurani. Betapa tidak, mereka membuat berbagai penjara, jongkok dan berdiri, yang kesemuanya dapat membunuh manusia secara perlahan. Disini, jiwa nasionalis kami serasa membuncah mengingat penderitaan pejuang-pejuang terdahulu.

Huff.. Lawang Sewu adalah lokasi kunjungan terakhir kami. berakhirnya perjalanan di Lawang Sewu berakhir pula pejalanan kami di Semarang. Perpisahan dimulai disini. Setelah singgah sesaat di sebuah masjid, kami melanjutkan perjalanan ke stasiun. Ya, kami tidak naik bis lagi sekarang, tapi.. kereta eksekutif! Hmm. Nyaman dan memuaskan..

Inilah kisah perjalanan LKMM nasional kami di semarang. Semoga apa yang kami dapatkan disini dapat kami bagi untuk teman-teman di FKG khususnya dan menambah komitmen kami sebagai anggota JMKI untuk berbuat sekecil apapun demi menigkatkan derajat kesehatan di Indonesia. Karena jargon kami adalah..

LKMM Nasional: Tunjukkan Komitmenmu!!

delegasi-unpad-lkmm-nas

Delegasi JMKI Daerah Sumedang Wilayah Priangan untuk LKMM Nasional. Dari kiri ke kanan: Elis Ronasih (Farmasi Unpad), Shaliha (FKG Unpad), Medi Kamia (FKG Unpad), Floriyani (FK Unpad), Fitrah MN (Farmasi Unpad), Nisa Milati (FKG Unpad), Adilah Z (FKG Unpad), Cut Thysa (FKG Unpad), Dina Lestari (FK Unpad)

 

Semarang.. I’m Coming!!

Filed under: Uncategorized — jmkifkgunpad @ 04:16

Pembekalan lewat sudah, saatnya bertempur! Kenapa?? Ya! Karena dalam 2 hari sebelum keberangkatan ini banyak sekali hal-hal yang harus disiapkan dan dikerjakan. Dan jangan lupa, kami adalah mahasiswa FKG 2007 dengan system pembelajaran PBL. Maka, tak bisa dihindari tugas DSP 3 (Dental Science Program 3) untuk tutorial senin berikutnya pun harus diselesaikan sebelum keberangkatan. Sebelumnya mari kita lihat sedikit gambaran penderitaan yang diberikan oleh panitia LKMM dalam waktu 2 hari ini:

PERSYARATAN DAN KELENGKAPAN LKMM Nasional

1. formulir pendaftaran peserta.

2. Membuat motivation letter.

3. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

4. Mengirimkan surat tugas dari BEM/ HIMA/PEMASenat masing-masing institusi.

5. nota kesepatan

6. fotocopy surat undangan

7. pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar dan 4×6 3 lembar.

8. esai dengan tema “Peraturan Darah tentang rokok” (minimal 1500 kata)

9. esai mengenai keadaan JMKI di institusi dan wilayah masing – masing .

10. Analisa SWOT JMKI

11. Mengumpulkan Sertifikat atau surat keterangan bukti kelulusan LKMM I dan II atau surat keterangan telah mengikuti pembekalan oleh PHW

Eitz.. sebentar..

jika ada yang bingung dan bertanya: ”bukannya pemilihan para delegasi udah dari dulu ya? Kok baru ngerjain tugasnya sekarang sih?”

maka jawabannya adalah: ”Pemilihan delegasi untuk suatu event (apalagi event besar nasional) tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Para pengurus JMKI FKG Unpad memiliki minat yang besar untuk dapat mengikuti event nasional ini, namun tentu saja ibu komsat tidak bisa mengajukan semua nama untuk dapat ikut serta dalam acara ini. Maka setelah diskusi dengan banyak senior, sharing dengan para pengurus komisariat, pusing menimbang dan mengingat maka dihasilkanlah keputusan 5 delegasi yang bakal mengikuti LKMM Nasional di Semarang 16-19 April 2009 yaitu: Nisa Milati (komsat JMKI FKG Unpad), Adilah Zakiyati (Korda Sumedang), Cut Tyhsa (Staf ahli advokasi), Medi Kamia (Staf ahli humas), dan Shaliha (Staf ahli infokom). Dan keputusan ini baru ditetapkan sebelum pelaksanaan pembekalan tanggal 13 april 2009 kemarin. Sehingga jangan bingung jika kita mengerjakan tugas secara SKS (sistem kebut semalam) setelah mengikuti pembekalan”

Dan akhirnya 2 malam terakhir adalah malam yang sangat menyibukkan. Syarat-syarat kelengkapan dapat dengan mudah kami kerjakan tentu saja. Tapi tidak sama halnya dengan tugas yang digarisbawahi di atas. Esai dengan minimal mengandung 1500 kata (yang menurut kiki, delegasi ter-rajin, esai tersebut bakal menjadi 5 halaman), analisa SWOT, dan esai keadaan JMKI di FKG dan di Wilayah Priangan tidak mudah dikerjakan dalam keadaan tertekan penuh beban dan penderitaan (maaf sedikit berlebihan). Belum lagi masalah pendanaan yang tidak kunjung turun dari pihak dekanat maupun POMA (karena salah kita juga si..hehe) sangat mengganggu ketenangan berpikir saat mengerjakan tugas. Dan satu lagi.. tutorial tidak pernah membiarkan mahasiswa menganggur terlalu lama, maka tugas translate berlembar-lembar textbook pun hadir dan bergabung dalam list kesibukan kami. Oh.. 2 malam terakhir menuju Semarang..

Namun.. inilah keluarga JMKI. Semua masalah diselesaikan bersama. Suka duka kami nikmati bersama. Kecuali masalah dispensasi, itu sih ahlinya bu komsat. Masalah pendanaan akhirnya bisa ditutupi dengan perkiraan uang belum turun saat keberangkatan, gali lubang tutup lubang akhirnya kami lakukan jua demi kelangsungan hidup. Masalah DSP 3 pun kami siasati, siasatnya? Bagian ini rahasia dong. Yang pasti sebelum keberangkatan kami telah menyelesaikan tugas translate tersebut ke kelompok masing-masing. Hwehehey. Nah satu masalah lagi.. esai yang membutuhkan keterfokusan tingkat tinggi akhirnya bisa mulai dirintis di malam sebelum keberangkatan dengan cara On Line semalaman agar kita merasa mengerjakannya bersama-sama dan saling memberi semangat melalui dunia maya. Hoaaaaaaaaahm. Semangaat.

”temen-temen delegasi, janjian setengah6 di gerbang lama Unpad yaa. No ngaret.” pesan singkat dari ibu komsat memacu semangat kami. Yak beberapa jam lagi kami akan berangkat ke Semarang. 04.00 pagi kami telah mandi pagi dan pengepakan pun diselesaikan. 05.00 pagi kami melangkah keluar dari kosan masing-masing. 05.30 pagi 5 delegasi telah berkumpul di gerbang Unpad. Menanti bus yang akan membawa kami menuju Cirebon, yang akan kami lanjutkan dengan Bus menuju Semarang.

Bus datang. Dan perjalanan pun dimulai.. tak lupa berdoa untuk keselamatan di perjalanan. Namun kenyamanan bus ini tidak bisa menahan kami untuk tidak terlelap. Hmh. Sejenak mengistirahatkan pikiran dan badan untuk mengumpulkan energi sebelum menghadapi LKMM Nasional. Tidak sabar menanti saat itu.

Semarang.. I’m Coming!!! 😀

 

Pembekalan Peserta LKMM Nasional (go to Semarang) 22 April 2009

Filed under: Uncategorized — jmkifkgunpad @ 10:45

Student Center FKG Unpad Jatinangor lantai 2,

hari ini Senin, 13 April 2009 dan waktu telah menunjukkan pukul 16.17.

Beberapa mahasiswa telah berkumpul disana. Saling berkenalan dan berbagi cerita. 2 orang koass sedang bersiap di belakang. Ada apa sore hari ini?? Yup.. inilah pembekalan untuk para delegasi LKMM Nasional dari daerah Sumedang. Dan yup! Tepat sekali! Disini bukan hanya ada mahasiswa FKG saja. Disini berkumpul delegasi-delegasi terpilih sebagai peserta LKMM nasional yang akan berlangsung di Semarang, 16-19 April 2009 nanti.

Diantaranya duduk bersama delegasi dari FKG Unpad:

1. Nisa Milati B (Komsat JMKI FKG Unpad)

2. Adilah Zakiyati (Korda sumedang)

3. Medi Kamia

4. Cut Thysa

5. Shaliha

para delegasi dari FK Unpad

1. Floriyani (Komsat FK Upad)

2. Dina Lestari

juga para delegasi dari F.Farmasi Unpad

1. Fitrah M N

2. Elis Ronasih

3. Yopi Arpina

Sebelumnya, mungkin ada yang bertanya-tanya apa tujuan dari pembekalan ini?? Nah, sebagai informasi bahwa peserta LKMM nasional seharusnya adalah para mahasiswa yang telah menempuh LKMM dasar dan wilayah. Namun, karena tidak semua wilayah atau institusi mengadakan LKMM dalam waktu yang sesuai serta cukup banyak peminat LKMM nasional ini namun terhambat oleh syarat tersebut, maka diadakanlah pembekalan bagi para calon delegasi untuk menyetarakan status tingkat LKMM mereka. Selanjutnya, sertifikat pembekalan inilah yang nantinya akan diserahkan kepada panitia LKMM Nasional sebagai pengganti syarat LKMM sebelumnya yang belum dilaksanakan oleh peserta.

Sekarang kita perkenalkan 2 koass yang telah bersiap sejak pukul 16.00 tadi, siapakah gerangan mereka? Merekalah para pengisi pembekalan kali ini. Arian Reza Marwan, SKG (Kang Rian) dan Didi Wahyudi, SKG (Kang Didi), 2 koass ini bukan sekedar calon dokter gigi biasa. Mereka adalah mantan pasangan pembesar JMKI pada masanya dengan Kang Rian sebagai Presidium Nasional JMKI 2005-2007 dan Kang Didi sebagai coordinator BPN JMKI 2005-2007.

Ok kita lanjut.. pada pembekalan ini materi yang dibahas adalah materi-materi yang dimasukkan dalam LKMM menengah atau tingkat wilayah. Materi yang dibahas adalah Kepemimpinan dan Manajemen Konflik oleh Kang Rian dan Sistematika Analitika dan Negosiasi yang dibawakan oleh Kang Didi. Pemberian materi berlangsung dengan efektif dan lancar. Pada sesi Tanya jawab pun pertanyaan terus bergulir dari para peserta.

Pukul 20.30 akhirnya pembekalan selesai setelah sebelumnya diskip sesaat untuk shalat berjama’ah dan mati lampu dalam beberapa menit, namun tidak terlalu mengganggu berjalannya pembekalan hari ini. Semua peserta merasa beruntung karena bisa mendapatkan pembekalan ini untuk bisa mengikuti LKMM Nasional nantinya. Akhirnya kita semua berpisah kembali ke kosan masing-masing untuk kembali mempersiapkan keberangkatan ke Semarang nanti, karena hari itu telah menanti kawan. Hanya 3 hari lagi saja.. tunggu cerita selanjutnya.. 😀

Tidak lupa ucapan terimakasih untuk Haniyah yang telah hadir sebagai notulen, Lukman sebagai MC, Hani dan Arina yang meliput acara ini dan Pitiw yang telah mau membantu melancarkan pembekalan ini dan mengikutinya hingga selesai. Juga untuk kehadiran Adam sebagai staf ahli kaderisasi JMKI Wilayah Priangan, dan tak lupa sekali lagi untuk Kang Arian dan Kang Didi yang telah menyempatkan waktunya untuk membagi ilmunya dengan kami di Jatinangor. 

Untuk teman-teman doakan kami yaa.. 😉

 

Penggalangan Dana Situ Gintung 1-2 April 2009 12 April 2009

Filed under: Uncategorized — jmkifkgunpad @ 17:21

Tanggul Situ Gintung di Ciputat, Tangerang, jebol. Air tumpah ke perumahan dan mencabut puluhan nyawa.
Bencana Situ Gintung pada Jumat 27 Maret 2009 telah membawa korban yang cukup besar. Akibatnya tidak hanya korban nyawa manusia, namun juga kehilangan rumah dan harta benda lainnya yang tidak terhitung jumlahnya.

Tak ada kata terlambat . . Saatnya PKM beraksii!!

Selasa, 1 April 2009 adalah Hari pertama kami menggalang dana di Gerbang lama UNPAD Jatinangor. sebelumnya kami mempersiapkan diri di kosan Widi yang sangat dekat dari gerbang untuk membuat kotak sumbangan dan propaganda penggalangan situ gintung yang akhirnya disepakati bersama bertuliskan JMKI Peduli Situ Gintung:”Sedikit harta kita sangat berarti untuk mereka”. setelah semua siap saatnya kita beraksi di gerbang. sebagai pemberitaan ini adalah kali pertama kami menggalang dana di gerbang dan telah disepakati dengan komisariat-komisariat yang ada di UNPAD untuk bergilir menggalang dana. JMKI Komisariat FKG Unpad mendapatkan jadwal penggalangan dari jam 12.00 – 13.15 siang. yang selanjutnya akan dilanjutkan oleh JMKI Komisariat FIK Unpad. dan pada hari kedua kami mendapatkan jadwal pada pukul 12.50 – 14.10 siang yang selanjutnya akan dilanjutkan oleh JMKI Komisariat F.Farmasi Unpad.

Pada 1 April 2009 para pejuang penggalangnya adalah Nisa Milati Biyantini, Adilah Zakiyati, Astia Dwiputri Lestari, Widi Maretha, Shaliha, Anisa Rosalina, Cut Thysa, Anisa Ayuningtias, Afina Nuradisti, Diah Agista, Anisa Nuraida, Marini Sundari, Atikah S., Rizky Amalia dan berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp. 228.700,-

Sedangkan pada 2 April 2009 para penggalang dananya adalah Nisa Milati Biyantini, Adilah Zakiyati, Astia Dwiputri Lestari, Widi Maretha, Shaliha, Cut Thysa, Anisa Ayuningtias, Diah Agista, Nur Widya, Annisah, Rahma Camelia dan berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp. 356.200,-

Banyak hal yang kami alami saat penggalangan dana situ gintung, haru, lucu, suka, pun duka. 1 pelajaran yang sangat mengena, yaitu, apabila ada orang/kelompok lain yang sedang meminta sumbangan kita harus menanggapi atau setidaknya tersenyum apabila tidak mau memberi. Karena sekarang kami baru sadar, kalo selama ini kami menanggapi orang/kelompok yang meminta sumbangan hanya lewat begitu saja, dan mungkin sekarang balasannya (hehe, belajar dari kesalahan). Lalu kami menyadari bahwa anak UNPAD itu dermawan sekali, ada yang memberi 200, 500, 1000, 2000, 5000, 10000, 20000 bahkan 50000 (meskipun ada yang minta kembalian, hahaha) tapi gapapa, itu sangat membantah pernyataan bahwa orang jaman sekarang ga ada pedulinya ama sesama, buktinya mereka yang menyumbang mau menyisihkan sedikit uangnya untuk membantu saudara nya yang kesulitan, dan bagi yang belum menyumbang mereka mungkin belum tergerak hatinya atau lagi ga punya uang sama sekali atau harus ngerasain dulu jadi peminta sumbangan kaya kita?? (hehe)

Ada beberapa pengalaman lucu juga, salah satu teman kita yang mungkin sudah terlalu bosan terus menerus berbicara “kang, teh, dari JMKI untuk Situ Gintung..”, suatu saat berbicara “saya dari Situ Gintung pak, buat JMKI” sontak kita semua yang sudah berkeringat karena cuaca yang cukup panas menertawai hal tersebut. ga kebayang kan kalo bapak-bapak itu menyadari kesalahan ucapan tersebut, bisa difitnah makan uang umat lho,, Yang mengharukan ada beberapa pengemudi motor yang sengaja memutar motornya untuk bisa menghampiri kami dan memberikan jumlah uang yang cukup besar (ga minta kembalian lho! hehe),tapi ada juga yang sengaja memutar jalannya demi menghindari berpapasan dengan kami (hmm, yang ini lagi ga punya uang kali yaa..),, ada yang tetep menyumbang walaupun dia harus bersabar mengacak2 isi tasnya cukup lama untuk bisa menemukan uang yang ingin dia sumbangkan, bahkan ada juga yang menawarkan baju bekas dan meminta nomor kontak kami untuk menyalurkan baju-baju bekas anak-anak kosannya..

hmm.. kalau dukanya apa yaaa, menurut kami makin hari harga diri kami makin turun (haha tapi gak lah, ya itu Cuma malu doang pas pertamanyaa) perasaan pertama kali pas minta sumbangan itu, malu, takut disangka ngebohong, ah pokonya campur aduk deh. Terus gak lupa tambahan sinar matahari yang sangat panas. Tapi kami terus bersemangat demi membantu saudara kami yang kesulitan. Apa sih arti panas, malu, cape dibandingin ama saudara kita di Situ Gintung yang kehilangan harta benda, bahkan keluarganya?? Maka dari itu, kami tetap menjaga semangat kita, demi membantu saudara kita…. Semoga dana yang kami kumpulkan (walaupun sedikit) berarti untuk saudara kita yang memang sangat membutuhkan….. AMIN

*Dana yang terkumpul akan digabungkan dengan dana dari komisariat-komisariat di daerah sumedang yang lain dan akan disalurkan ke SituGintung melalui JMKI Wilayah Priangan